Guru dan Pustakawan Ikuti Diseminasi GLN di Takengon

Plt. Kadis Pendidikan Aceh Tengah ketika menyampaikan sambutan dalam pembukaan Diseminasi GLN di Takengon, 13/3/2019

Selama tiga hari (13-15 Maret 2019), para guru SD dan SMP serta pengelola perpustakaan sekolah se-Kabupaten Aceh Tengah mengikuti Diseminasi Gerakan Literasi Nasional (GLN) di Aula SDN 1 Takengong. Kegiatan ini merupkan rangkaian sosialisasi program literasi nasional yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Aceh di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Aceh pada tahun ini. Demikian disampaikan oleh Zahriati, S.Pd. yang meminpin tim panitia pelaksanana kepada redaksi-bba, Jumat hari ini.

“Kita bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tengah mengundang 50 orang peserta yang terdiri dari para guru SD, SMP, dan petugas perpustakaan sekolah dari berbagai kecamatan untuk mengikuti kegiatan ini. Melalui diseminasi ini, para peserta diharapkan memahami arah kebijakan GLN dan strategi pelaksanaannya”.

Ia mengutarakan bahwa kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tengah, Drs. Uswatuddin, M.AP. Selain mengutarakan apresiasinya kepada Balai Bahasa, Zahriati melanjutkan bahwa dalam amanatnya, Kadis berpesan agar para peserta mengikuti kegiatan secara serius sampai tuntas. “Apa yang Bapak/Ibu peroleh dari diseminasi ini, saya harap dapat Bapak/Ibu laksanakan dan menyebarluaskannya di tempat tugas masing-masing”.

Ketua panitia menambahkan bahwa materi diseminasi ini berkisar pada kebijakan kebahasaan dan pelaksanaan porgam GLN yang disampaikan oleh tiga orang narasumber. Nurhaida, S.Pd (staf pengkaji kebahasan) menyampaikan materi Kebijakan Bahasa pada hari pertama. Sementara itu, Dr. Rajab Bahry, M.Pd (dosem Unsyiah) mengisi hari kedua dengan materi teknik membaca. Pada hari terakhir, panitia menghadirkan penulis lokal, Zulyana Ibrahim, S.Pd. (guru) untuk menyampaikan materi tentak teknis menulis.

Baca juga:   Balai Bahasa Aceh Lanjutkan Diseminasi GLN Ke Wilayah Barat

Tinggalkan balasan!