Ikuti Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah 2019!

Meskipun tidak mampu memengaruhi seluruh sistem kehidupan berbangsa dan bernegara, kebijakan bahasa dalam pendidikan merupakan sektor penting kebijakan bahasa nasional. Bahkan pendidikan dan sekolah acap kali menjadi tulang punggung implementasi berbagai kebijakan kebahasaan yang dianut suatu negara.

Beberapa alasannya: (1) sekolah dan pendidikan merupakan jembatan penghubung antara keluarga dengan kehidupan sosial yang lebih luas sehingga pemerintah berkepentingan untuk mengintervensinya (misalnya melalui kurikulum dan kebijakan bahasa); (2) sekolah dan pendidikan merupakan wahana penanaman dan pewarisan nilai dan ideologi yang paling penting di samping keluarga, termasuk yang berkaitan dengan norma dan kecakapan kebahasaan; (3) kebijakan kebahasan merupakan bagian dari kebijakan yang berkaitan dengan pengembangan SDM yang dibutuhkan oleh negara dalam konteks kebijakan pembangunan nasional.

Itu sebabnya, di Indonesia misalnya, lembaga yang secara spesifik ditugasi untuk mengembangkan dan menjalankan berbagai kebijakan kebahasaan, yaitu Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan (sebelumnya Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa) atau lembaga serupa, sejak lama ditempatkan di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Oleh karena itu, pendidikan dan sekolah selalu menjadi pusat perhatian implementasi kebijakan kebahasaan sekaligus cermin keberhasilannya.

Dalam konteks ini, Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan melalui Balai dan Kantor Bahasa di daerah melaksanakan Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah sebagai bagian dari Aksi Nasional Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik Tahun 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong terciptanya tertib bahasa dan sikap positif terhadap bahasa negara di ruang publik sebagaimana amanat UU No. 24 Tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Baca juga:   Kepala Balai Bahasa Aceh Serahkan Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Tahun 2019

Kegiatan ini dikhususkan bagi sekolah-sekolah menengah (SMP/MTs) di seluruh Indonesia dan dilaksanakan oleh Balai/Kantor Bahasa pada setiap provinsi.

Persyaratan dan ketentuan lomba ini dapat dilihat pada brosur di bawah ini.


Tinggalkan balasan!