Penulis Aceh ini Kenduri Buku

Kenduri hampir identik dengan makan minum. KBBI mengartikannya “perjamuan makan untuk memperingati peristiwa, minta berkat, dan sebagainya”. Namun tidak bagi Sulaiman Tripa. Ia berkenduri buku Senin (1/04/2019) di Kafe A & R, Lamgugop, Banda Aceh sebagai selamatan ulang tahunnya yang ke-43. Tidak tanggung-tanggung, penulis ini menyuguhkan 44 judul buku baru kepada tamu sebagi menu utama acara tersebut. Delapan diantaranya bergenre fiksi (cerpen, novel, dan kumpulan puisi).

“Sebelas bulan yang lalu” katanya, ketika saya tanya awal kemunculan ide penerbitan buku sedemikian banyak sekaligus. “Sebagian besar dari naskah lama yang belum diterbitkan. Yang baru itu 15 buku yang besumber dari blog pribadi saya Kupi Luho.”

Mukhlisuddin Ilyas, penerbit 44 buku Sulaiman Tripa
Sulaiman Tripa bersama tamu dan insan pers foto memegang beberapa karya terbarunya

Direktur Bandar Publishing, Mukhlisuddin Ilyas menjelaskan bahwa 44 buku baru Sulaiman Tripa akan diluncurkan secara resmi oleh Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Samsul Rijal, M.A. di Aula Senat universitas tersebut Selasa (2/04/2019).

Dua bulan setelah milad yang ke-42, saya bilang ke Bang Sulaiman ‘ada tidak 43 naskah biar tahun ini kita terbitkan semua’. Ia minta waktu untuk menginventarisasi jumlahnya,” ujar Mukhlis.

Sulaiman Tripa konsisten menulis sejak mahasiswa. Selain menulis artikel untuk surat kabar, ia juga produktif menulis buku, baik fiksi maupun ilmiah.  Tidak hanya itu, ia juga merambah dunia blog. “Sejak mengelola blog itu 6 tahun lalu, saya mewajibkan diri saya untuk menulis 400 kata setiap hari”, ujarnya sedikit memberikan tips agar bisa konsisten menulis.

Baca juga:   Akademisi dan Budayawan Aceh Ikuti DKT Asal-Usul Bahasa Indonesia

 

Tinggalkan balasan!