Gebyar Hardiknas 2019 Dimulai

KaBalitbang Kemdikbud, Totok Suprayatna (tengah) memukul rapa'i tanda dimulainya Gebyar Hardiknas 2019 Provinsi Aceh.

Menyemarakkan Hari Pendidikan Nasional 2019, Lima UPT Kemdikbud di Provinsi Aceh (LPMP, Balai Bahasa, BPNB, BPCB, dan BP PAUD DIKMAS) berkolaborasi menggelar Gebyar Hari Pendidikan Nasional 2019.

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Totok Suprayatna, Sabtu pagi tadi di halaman Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh.

Totok, dalam sambutannya, memuji tingginya komitmen Aceh (segenap pemangku kepentingan pendidikan di Aceh) untuk memajukan pendidikan. Hal itu menurutnya tercermin dari keberhasilan Aceh melaksanakan UNBK tingkat SMA seratus persen beberapa waktu lalu.

“Anak-anak harus jujur. Tancapkan di hati mereka bahwa kejujuran adalah inti sari pendidikan. Salah satu pendiri (founding father) pendidikan nasional kita, Ki Hajar Dewantara mengatakan: “pendidikan adalah upaya, upaya untuk mengolah hati”. “Coba diingat untuk pikiran, dan tubuh. Yang utama adalah mengolah hati, pikiran, dan tubuhnya. Nah, jadi, dengan hanya komitmen untuk jujur antara lain ditunjukkan oleh Aceh untuk melaksanakan UNBK seratus persen. Ini sesungguhnya merupakan komitmen pendidikan yang luar biasa.”

Ia mengingatkan agar Aceh jangan terlena dengan kekayaan sumber daya alam. Tanpa pengelolaan yang baik, maka SDA tidak akan efektif digunakan untuk kemajuan.

“Pak menteri sering mengatakan begini: “Pendidikan itu, ibarat sungai. Pendidikan itu adanya di hulu. Ia di hulu. Yang lain itu adanya di hilir. Maka kalau sungai, hulunya kita jaga bersih airnya. Insyaallah, nanti di hilir, kita bersih. Meskipun tidak ada jaminan mungkin di tengah-tengah. Tetapi kalau pendidikan yang ada di hulunya sudah tidak bersih, niscaya di hilir pasti tidak bersih. Mengingat posisi kita itu di hulu, maka sangat penting bagi kita menjaga segala kebaikan dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia kita, di mulai dari anak-anak sejak PAUD sampai selesai sekolah,” terangnya.

Sebelum menutup sambutannya, KaBalitbang Kemdikbud tersebut mengingatkan agar segenap UPT Kemdikbud di daerah berkolaborasi, bersinergi, dan senantiasa bekerja sama dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerah.

Baca juga:   Badan Bahasa Tutup Bimtek Fasilitator Literasi Regional di Pekan Baru
KaBalitbang Kemdikbud, Totok Suprayatna meninjau bazar dan pameran buku selepas pembukaan Gebyar Pendidikan Aceh di halaman kantor BPNB Aceh, Sabtu (20-4-2019)

Pembukaan Gebyar Hardiknas 2019 yang berlangsung di halaman kantor BPNP dihadiri oleh para kepala dan seluruh pegawai di kelima UPT Kemdikbud.

Gebyar Hardiknas 2019 akan diisi dengan rangkaian kegiatan: bazar dan pameran buku; lomba; ekspose; dan ditutup dengan upacara bendera peringatan Hardiknas 2019 serta pembagian hadiah dan penghargaan. Baca agenda lengkapnya di sini!

Tinggalkan balasan!