Peringati Hardiknas, Balai Bahasa Aceh Bersama UPT Kemdikbud Lain Gelar Upacara Bersama

Para pegawai Balai Bahasa Aceh berpose bersama sesaat setelah pelaksanaan upacara bendera Hardiknas 2019


Menutup Gebyar Pendidikan dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Pendidikan Nasional 2019, seluruh pegawai Balai Bahasa Aceh mengikuti upacara bendera pada Kamis, 20 Mei 2019. Upacara yang berlangsung di Kantor Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) ini juga diikuti oleh seluruh pegawai dari 4 UPT Kemdikbud lain (LPMP, BCPB, BPNB, dan BPPAUD DIKMAS).

Hardiknas tahun ini mengusung tema yang sama dengan tahun lalu: “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Dalam amanat tertulis Mendiknas yang dibacakan oleh inspektur upacara, Dr. Muslihuddin (Kepala LPMP Aceh), Mendiknas menjelaskan bahwa tema tersebut mencerminkan pesan penting dari Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya SDM yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

Mendiknas melanjutkan bawah pembangunan SDM yang berkualitas akan dikokuskan pada penguatan karakter dan kecakapan memasuki dunia kerja. Pendidikan karakter dimaksudkan untuk membentuk insan yang memiliki akhlak mulia, empan papan, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur. Sedangkan ikhtiar membekali keterampilan dan kecakapan harus disertai pula dengan penanaman jiwa kewirausahaan.

Seluruh peserta upacara ini memakai busana adat tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Hal ini dimaksudkan untuk membangkitkan nasionalisme dan kecintaan terhadap keragaman budaya nasional.

Setelah pelaksanaan upacara bendera, panitia Gebyar Hardiknas 2019 juga mengadakan acara penyerahan hadiah dan penghargaan bagi para pemenang berbagai lomba yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan hari bersejarah bagi pendidikan nasional ini.

Baca juga:   Balai Bahasa Provinsi Aceh Adakan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah di Aceh Selatan
Tim tarik tambang putra memperlihatkan plakat juara IV
Tim tarik tambang putri berswafoto dengan plakat juara III

Tinggalkan balasan!