Hari Pertama Kerja Pascalebaran: Balai Bahasa Aceh Langsung Bergeliat

Suasana ruang kepegawaian pada hari pertama kerja pascalibur Idulfitri (10 Juni 2019)

Lebaran Idulfitri memang momen yang ditunggu-tunggu setiap pegawai ASN (Apartur Sipil Negara). Apalagi mereka yang berencana pulang kampung untuk mengunjungi keluarga, sanak saudara, dan handai taulan.

Lebaran semakin mengasyikkan karena pemerintah saban tahun selalu memberikan cuti bersama dalam rangka lebaran Idulfitri. Meskipun hanya beberapa hari, namun rasanya cukup untuk menikmati suasana lebaran sambil bermaaf-maafan dan mempererat silaturahmi dengan kaum kerabat.

Bertemu setelah cukup lama berpisah karena kesibukan dan jarak yang berjauhan memang terkadang mengharukan sekaligus memancing beragam cerita tak berkesudahan. Dalam suasana hangat penuh canda dan tawa gembira, cerita masa kecil; aneka gosip; kisruh politik; karir; kesuksesan; kemalangan; sampai kisah dapur orang bercampur baur silih begranti acap kali menyulitkan orang-orang untuk membubuhkan tanda titik.

Tak melulu soal silaturahmi, mereka yang pandai mengatur waktu libur lebaran dapat pula menyempatkan diri berwisata bersama keluarga tecinta, baik di kampung halaman ataupun di perjalanan pulang. Sekali lagi, momentum lebaran memang saat yang amat membahagiakan.

Namun bagi para ASN hal itu seyogyanya tidak sampai melalaikan, mengingat sehabis libur dan cuti lebaran, tugas-tugas telah menanti. Hal ini telah diingatkan oleh Kasubbag TU, Agus Priatna, S.E., Ak. sebelum cuti Idulfitri. “Pegawai yang berencana mengambil cuti di luar cuti bersama dan libur lebaran agar segera mengajukan permohonan cuti!”, katanya. Jadi jangan sampai kebablasan! Apalagi pemerintah melalui Menpan RB telah mewanti-wanti sanksi bagi ASN yang bolos kerja di hari pertama pascalibur Idulfitri.

Baca juga:   Balai Bahasa Provinsi Aceh Adakan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah di Aceh Selatan

Pesan ini tampaknya benar-benar dicamkan oleh seluruh staf Balai Bahasa Aceh. Kecuali yang telah mengantongi izin cuti, tidak ada staf yang absen di hari pertama kerja (Senin/10 Juni 2019). Tentu bukan karena takut, tetapi begitulah tradisi di Balai Bahasa Aceh sejak bertahun-tahun.

Kasubbag TU menginformasikan bahwa selain para pegawai yang izin cuti tahunan, empat orang CPNS perempuan juga tidak masuk kerja karena harus berangkat ke Jakarta untuk mengikuti Latsar (Pelatihan dasar) CPNS.

Beberapa staf mempersiapkan surat dan laporan

Meskipun hari pertama kerja setelah libur, setelah salam-salaman penuh keakraban, seluruh staf langsung bekerja sebagaimana biasa karena memang banyak tugas yang harus segera dilaksanakan setelah Idulfitri sesuai jadwal kerja yang telah disusun pada awal tahun.

Dengan hati yang telah suci bersih, selamat bekerja kembali dengan semangat baru!

1 thought on “Hari Pertama Kerja Pascalebaran: Balai Bahasa Aceh Langsung Bergeliat

  1. Selamat bekerja semoga kesuksesan bersama anda dan menjadi kantor terbaik diantara kantor yang lain yang terpenting kebersamaan dan keakraban selalu bersatu-padu dalam menjalankan tugas demi terwujudnya masyarakat yang maju di masa yg akan datang dengan bahasa yg santun dan bermartabat .

Tinggalkan balasan!