Tingkatkan Kreativitas Siswa, Balai Bahasa Provinsi Aceh Adakan Bengkel Sastra di Bireuen

Dengan mengharap rida Allah dan menjalankan protokol kesehatan, kegiatan Bengkel Sastra Penulisan Puisi bagi Siswa SLTP Se-Kabupaten Bireuen dilaksanakan pada tanggal 28 s.d. 29 Juni 2021. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Pembinaan SLTP Dinas Pendidikan Kabupaten Bireun, Zamzami, S.Pd., yang mewakili kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen. Selanjutnya, Kepala Balai Bahasa Provinsi Aceh , Karyono, S.Pd., M.Hum., juga turut memberi sambutan sekaligus menyampaikan materi mengenai kebijakan bahasa. Sesi pembukaan acara ini ditutup dengan laporan kegiatan yang disampaikan oleh Subhan S.Pd., M.Pd., selaku koordinator kegiatan ini.

Kegiatan ini diikuti oleh lima puluh siswa SLTP Se-Kabupaten Bireuen. Sebelum menerima materi, para peserta diberikan tes awal untuk mengetahui sejauh manakah materi yang akan diajarkan telah dikuasai oleh para peserta. Materi hari pertama kegiatan ialah konsep penulisan dan proses kreatif menulis puisi yang dibawakan oleh Adnan Anggita Nasution,S.S. Kemudian, hari kedua dilanjutkan oleh narasumber, Nurhaida, S.Pd. dengan materi praktik baik menulis puisi.

Tujuan kegiatan ini tidak hanya sekadar memberikan materi tentang penulisan puisi. Lebih dari itu, melalui kegiatan ini, Peserta diharapkan menjadi pribadi yang berani berkarya dengan imajinasi dan kreativitas yang mereka miliki.

Sebelum kegiatan ini berakhir, para peserta diberikan tes akhir untuk mengetahui sejauh mana materi yang diberikan sudah dikuasai oleh mereka. Beberapa peserta juga diminta maju ke depan kelas untuk menyampaikan kesan dan pesan selama mengikuti kegiatan ini. Di pengujung kegiatan, dengan mengucapkan hamdalah, kepala Balai Bahasa Provinsi Aceh menutup kegiatan Bengkel Satra Penulisan Puisi bagi Siswa SLTP Se-Kabupaten Bireuen.

Baca juga:   Jangan Lewatkan! Balai Bahasa Aceh Kembali Selenggarakan Sayembara Penulisan Buku Literasi

Tinggalkan balasan!