Balai Bahasa Provinsi Aceh (BBPA) memulai program penerjemahan cerita rakyat daerah Aceh. Program ini ditangani oleh tim gabungan anggota Kelompok Kerja Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP) Penerjemahan dan anggota KKLP lain.

Buku cerita oleh Balai Bahasa Provinsi Aceh
Tiga judul buku kumpulan terjemahan cerita rakyat daerah Aceh yang diterbitkan Balai Bahasa Provinsi Aceh tahun 2021


Menurut ketua tim, Murhaban, S.Ag., sebagai bagian dari rencana strategis Badan Bahasa, program ini diarahkan pada perluasan dan peningkatan akses masyarakat terhadap sumber bacaan literasi khususnya usia pelajar dengan mengumpulkan dan mengalihbahasakan cerita rakyat berbahasa daerah ke bahasa Indonesia. “Secara bertahap, program ini akan berlanjut pada penerjemahan dari bahasa daerah maupun bahasa Indonesia ke bahasa-bahasa asing,” ujarnya.


Pada tahun ini BBPA telah mengumpulkan 20-an bahan cerita rakyat berbahasa Aceh yang berasal dari daerah Pidie, Pidie Jaya, Bireun, Lhokseumawe, dan Aceh Utara. Bahan tersebut merupakan hasil wawancara dan naskah cerita yang berhasil dikumpulkan dari para narasumber di daerah tersebut.


Penerjemahan cerita-cerita tersebut melibatkan kalangan profesional dari kalangan akademisi dan para penulis. Hasilnya kemudian dipoles sedemikian rupa oleh para para penyunting internal BBPA untuk menghasilkan buku-buku cerita yang layak dipublikasi.


Pada tahun ini, BBPA telah menerbitkan buku hasil terjemahan ini dalam tiga judul: Raja Si Ujud (Kumpulan Terjemahan Cerita Rakyat Aceh dari Pidie dan Pidie Jaya; Rubah Tapa dan Monyet Dengki (Kumpulan Terjemahan Cerita Rakyat Aceh dari Pidie dan Pidie Bireun, dan Telaga Pilu (Kumpulan Cerita Rakyat Aceh dari Lhokseumawe dan Aceh Utara).

Baca juga:   Makan Kuaci


Pembaca yang ingin menikmati ragam cerita dalam ketiga buku tersebut dapat mengunjungi Perpustakaan BBPA. Saat ini ketiga judul buku tersebut sedang dalam proses penilaian di Puskurbuk Kemdikbud dan Ristek. Setelah proses tersebut selesai, tidak lama lagi, masyarakat luas akan dapat mengakses seluruh isi buku melalui repositori Kemdikbud dan Ristek secara daring.

Tentang penulis

Tinggalkan balasan!