Banda Aceh –  Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) FKIP Universitas Samudra (Unsam) melakukan kunjungan ke Balai Bahasa Provinsi Aceh untuk menjalin kerja sama bidang kebahasaan dan kesastraan, khususnya untuk penerapan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) bagi mahasiswa, Jumat (3/12/2021). TIM PBI FKIP Unsam yang diwakili oleh Koordinator Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Joko Hariadi, S.Pd., M.Pd. diterima oleh Kasubbag. TU Balai Bahasa Aceh, Agus Priatna, S.E.,Ak.,M.M., dan Koordinator UKBI Provinsi Aceh, Yanti Zulita, S.S., M.Pd.

Joko Hariadi pada saat kunjungan mengatakan bahwa kerja sama yang akan terjalin antara Prodi PBI FKIP Unsam dengan Balai Bahasa Aceh ditekankan pada kajian kebahasaan dan Tes UKBI yang akan dilaksanakan pada mahasiswa Prodi PBI FKIP Unsam tahun depan. “Sehubungan dengan adanya UKBI Adaptif Merdeka yang ditetapkan oleh Badan Bahasa, Prodi PBI akan ikut andil untuk mengkaji tingkat kemahiran berbahasa mahasiswa di Universitas Samudra. Selain itu, kerja sama ini juga merupakan lanjutan dari proses pengayaan tentang UKBI Adaptif Merdeka yang dilakukan sebelumnya oleh Balai Bahasa Provinsi Aceh Oktober lalu”

Dosen PBI FKIP Unsam, M.Taufik Hidayat, S.Pd., M.Pd. yang turut hadir pada saat kunjungan mengatakan bahwa kemampuan berbahasa mahasiswa dan masyarakat Indonesia masih tergolong rendah.  “Kita perlu melakukan uji kemahiran berbahasa pada mahasiswa, sehingga kita mengetahui tingkatan kemahiran yang dikuasai oleh mahasiswa dan hal ini penting untuk pengembangan prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Samudra dan juga peningkatan kompetensi lulusan” Ujar taufik.

Baca juga:   Tak Sempat Menyaksikan Lomba Baca Naskah Lama; Lihat Foto-Fotonya di Sini!

Agus Priatna, Selaku Perwakilan dari Balai Bahasa dalam pertemuan tersebut mengatakan bahwa kunjungan Dosen dari Prodi PBI FKIP Unsam merupakan hal yang sudah ditunggu. “Sebelumnya, Prodi PBI FKIP Unsam telah menjadi bagian dalam kerja sama UKBI Adaftif Merdeka. Kunjungan Balai Bahasa Aceh ke Universitas Samudra beberapa waktu lalu telah menegaskan tentang proses kerja sama UKBI Adaftif Merdeka dan kemungkinan Mahasiswa magang ke Balai Bahasa” Ujar Agus yang mewakili Kepala Balai.

Koordinator UKBI Provinsi Aceh, Yanti Zulita, S.S., M.Pd. juga menyampaikan bahwa kunjungan Prodi PBI membawa dampak positif untuk pelaksanaan UKBI Adaptif Merdeka di wilayah timur Aceh dan diharapkan dapat terus bersinergi membantu Balai Bahasa Aceh dalam perihal kebahasaan dan lainnya.

Kerja sama yang ditargetkan antara Prodi PBI FKIP Universita Samudra dengan Balai Bahasa Aceh tidak hanya menjadi sarana seremonil saja. Kedepannya, Penyuluh Bahasa dan Tim kebahasaan dari Balai Bahasa Aceh akan diundang untuk mengisi kegiatan seminar dan lokakarya kebahasaan di Universitas Samudra untuk pengembangan kemampuan dan pengetahuan mahasiswa tentang kebahasaan.

Tentang penulis

Tinggalkan balasan!