Dalam rangka upaya memperkenalkan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka di kabupaten/kota se-Provinsi Aceh, Balai Bahasa Provinsi Aceh (BBPA) mengadakan sosialisasi dan pelaksanaan UKBI Adaptif Merdeka bagi 47 kepala SMA/SMK di Kabupaten Aceh Selatan dan tiga staf ahli di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 10 Maret 2022 di Aula Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Selatan.

Kegiatan Sosialisasi dan Pelaksanaan UKBI Adaptif Merdeka ini diawali dengan proses pendaftaran peserta UKBI di laman ukbi.kemdikbud.go.id oleh seluruh peserta yang dipandu oleh dua orang pegawai BBPA. Kemudian, peserta mendengarkan paparan Kepala BBPA, Karyono, S.Pd., M.Hum., mengenai UKBI dimulai dari apa itu UKBI, manfaat UKBI, hingga strategi mengerjakan soal UKBI untuk di setiap seksi.  Dalam paparannya, Kepala BBPA menekankan beberapa keunggulan UKBI Adaptif Merdeka yang diusung oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim. Salah satunya ialah sistem adaptif pada soal yang dapat menyesuaikan dengan tingkat kemahiran berbahasa peuji.

Kegiatan ini disambut baik oleh peserta yang merupakan kepala SMA/SMK dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Selatan. Para kepala SMA/SMK mendukung penuh pelaksanaan UKBI Adaptif Merdeka di sekolah mereka masing-masing. Rasmadi, S.Pd., Kasi Manajemen GTK dan Mutu Kesiswaan di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Selatan, mengatakan, “Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Selatan sangat mengapresiasi kegiatan ini dan akan mendukung penuh pelaksanaan UKBI Adaptif Merdeka di SMA/SMK se-Kabupaten Aceh Selatan.”

Baca juga:   Gebyar Hardiknas 2019: Ini Para Pemenang Lomba Hiem dan Baca Naskah Lama Balai Bahasa Aceh

Selain menyosialisasikan UKBI Adaptif Merdeka, tujuan kegiatan ini juga untuk mengukur kemahiran berbahasa Indonesia kepala SMA/SMK se-Kabupaten Aceh Selatan. Terakhir dan tak kalah penting, kegiatan ini diharapkan dapat membantu kepala sekolah untuk mendaftarkan siswa-siswanya mengikuti UKBI Adaptif Merdeka secara gratis.

Tinggalkan balasan!