Bimtek Pemberdayaan Komunitas Penggerak Literasi di Kabupaten Pidie pada 4–6 Maret 2024

Balai Bahasa Provinsi Aceh telah usai mengadakan Bimtek Pemberdayaan Komunitas Penggerak Literasi di Kabupaten Pidie pada 4–6 Maret 2024. Bimtek (Bimbingan Teknis) Pemberdayaan Komunitas Penggerak Literasi menjadi ajang penting bagi para peserta untuk mendalami serta mengembangkan kecintaan terhadap literasi.

Bertempat di Aula Kantor Bupati Kabupaten Pidie, rangkaian kegiatan ini tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga memupuk kreativitas peserta. Materi yang disajikan selama bimbingan teknis ini mencakup berbagai aspek penting dalam pengembangan komunitas literasi, juga ada materi Pengelolaan dan Penataan Buku serta Menulis Cerita Anak dengan konten lokal.

Peserta tidak hanya menjadi pendengar pasif dalam acara ini, namun juga didorong untuk berkreasi secara aktif. Mereka diajak untuk menyusun urutan cerita, menulis, dan berbagi inspirasi dengan teman-teman sekelompok. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan menulis dan berbicara, tetapi juga memperkuat hubungan antarpeserta yang merupakan perwakilan komunitas literasi dalam mendukung dan memotivasi satu sama lain.

Salah satu poin penting dalam bimtek ini adalah penekanan pada pentingnya membangun komunitas literasi yang kuat dan berkelanjutan. Dengan memahami bagaimana menyusun program-program yang relevan dan menarik, peserta diharapkan dapat menjadi agen perubahan dalam memajukan literasi di masyarakat mereka masing-masing.

Kegiatan seperti Bimtek Pemberdayaan Komunitas Penggerak Literasi di Kabupaten Pidie bukan hanya sekadar acara pelatihan, tetapi juga merupakan investasi dalam masa depan literasi di daerah tersebut. Diharapkan, semangat dan pengetahuan yang diperoleh oleh para peserta akan terus berkembang dan membawa dampak positif dalam membangun masyarakat yang lebih literat dan berbudaya.

Dengan demikian, melalui sinergi antara Balai Bahasa Provinsi Aceh, peserta, dan berbagai pemangku kepentingan lokal, langkah-langkah konkret dapat diambil untuk meningkatkan tingkat literasi dan menumbuhkan budaya membaca yang berkelanjutan di Kabupaten Pidie dan di seluruh Aceh.

 

Tinggalkan balasan!