Profil

Program BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) adalah program pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia (berbicara, menulis, membaca, dan mendengarkan) bagi penutur asing. Pembelajaran BIPA memerlukan kurikulum, bahan ajar (termasuk buku ajar dan kamus dwibahasa), metode pembelajaran yang tepat, dan media belajar audio-visual yang dirancang secara khusus.

Sehubungan dengan itu Badan Bahasa, Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia, perlu membuat program BIPA untuk kepentingan pembelajaran BIPA dan forum diskusi, seminar, kongres atau konferensi untuk membahas berbagai hal tentang pembelajaran BIPA. Untuk melaksanakan program itu, Badan Bahasa menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi dan lembaga penyelenggara pembelajaran BIPA di Indonesia dan di luar Indonesia.

Dalam penanganan program pengembangan BIPA, Badan Bahasa saat ini telah mendapat persetujuan dan dukungan dari Menteri Pendidikan Nasional dan DPR RI, bahkan BIPA juga menjadi salah satu program unggulan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan Nasional.

Visi

“Terlaksananya pembelajaran BIPA yang mampu meningkatkan citra Indonesia yang positif di dunia internasional dalam rangka menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa perhubungan luas pada tingkat antarbangsa”.

Misi

  • Memperkenalkan masyarakat dan budaya Indonesia di dunia internasional dalam rangka meningkatkan citra Indonesia di luar negeri.
  • Meningkatkan kerja sama yang lebih erat dan memperluas jaringan kerja dengan lembaga-lembaga penyelenggara pembelajaran BIPA, baik di dalam maupun di luar negeri.
  • Memberikan dukungan dan fasilitasi terhadap lembaga-lembaga penyelenggara pembelajaran BIPA, baik di dalam maupun di luar negeri
  • Meningkatkan mutu pembelajaran BIPA, baik di dalam maupun di luar negeri.
  • Meningkatkan mutu sumber daya penyelenggara pembelajaran BIPA di dalam dan di luar negeri.

Seperti pembelajaran bahasa Inggris bagi penutur asing yang dilengkapi dengan standar pengujian kemampuan atau Test of English as a Foreign Language (TOEFL), pembelajaran BIPA dilengkapi pula dengan instrumen yang sama. Instrumen ini digunakan untuk mengetahui tingkat kemahiran berbahasa. Untuk kepentingan itu Badan Bahasa menyediakan sarana pengujiannya yang dibernama Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia disingkat UKBI.

Keterangan Lebih Lanjut

Hubungi https://bipa.kemdikbud.go.id